Senin, 18 Mei 2009

Tugas INISIASI 4

Tugas Inisiasi 4

Komputer dan Media Pembelajaran di SD

1. Penggunaan multi media dlam pembelajaran artinya wahana penyalur pesan atau informasi belajar dimana menekankan pada penggunaan berbagai media secara lengkap. Misalkan : suara, animasi. Video, grafis maupun film.

2. Media audio visual gerak ialah media yang akan menimbulkan suara, gambar dan gerak, seperti: film kartun, televisi, animasi, dll.

Media audio visual diam ialah media yang akan menimbulkan efek suara dan gambar tidak bergerak, seperti: film rangkai suara, sound slide, tulisan,dll.

Mudio semi gerak ialah media yang menimbulkan efek suara yang seakan-akan bergerak, seperti: tulisan jauh bersuara.

Media visual bergerak ialah media yang menimbulkan gambar atau sejenisnya akan tetapi tidak menimbulkan suara, seperti: film pantomin, film bisu, dll.

Media visual diam ialah media yang hanya dapat dilihat dan tidak bergerak, seperti: foto, halaman cetak, dll.

Media audio ialah media yang hanya dapat didengar dan menimbulkan suara, seperti: radio, mp3 player, telepon, dll.

Media cetak ialah media yang hanya dapat dilihat dan tidak bergerak, seperti: buku, novel, dll.

3. pertama tahap devide yaitu merumuskan tujuan, rancangan media apa yang dikembangkan, beberapa persiapan awal dalam perancangan media yang menyangkut bahan, materi, dana serta aspek perancangan lainnya. Kedua, tahap develop yaitu fase pengembangan, dlam fase ini sudah mulai proses pembuatan media yang akan dikembangkan, sesuai dengan fase pertama. Ketiga, Evaluasi yaitu fase terakhir untuk menilai media yang sudah dikembangkan atau di buat, setelah melalui tahap uji coba, revisi, kajian dengan pihak lain.

4. kelebihan dan kekurangan dari media grafis antara lain:

Kelebihan:

a. Sifatnya konkrit, lebih realistik dibandingkan dengan media verbal. Hal ini dikarenakan seseorang lebih cepat menerima suatu informasi dengan melihat langsung dibandingkan suara.

b. Dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja, baik untuk usia muda maupun tua.

c. Murah harganya dan tidak memerlukan peralatan khusus dalam penyampaiannya.

Kekurangan:

a. Gambar/foto hanya menekankan pada persepsi indera mata. Hal ini tentunya belum lengkap bagi seseorang untuk menerima informasi secara jelas.

b. Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar. Tentu saja gambar atau foto terbatas pada ukuran yang ada.

5. cara mengembangkan media OHP di sekolah ialah dengan membiasakan para siswa untuk membuat Over head Transparansi ketika kerja kelompok, dan siswa disuruh mempresentasikannya lewat Over head Projector. Ini ditujukan untuk memvariasikan media pembelajaran yang selama ini masih terfokus pada papan tulis dan LKS. Selain itu, OHP juga akan membiasakan anak berbicara langsung didepan teman-teman sekelasnya.

perbedaan antara OHP dengan OHT ialah terlihat dari bentuk dan fungsi benda tersebut, OHP kepanjangan dari Over Head Projector yaitu alat untuk pemproyeksikan atau menampilkan transparansi yang berada dibadan/kepala OHP kedinding, sedangkan OHT atau Over Head Transparansi ialah kertas plastik yang transparan yang diberi tulisan atau gambar dengan tujuan untuk menampilkan atau diproyeksikan melalui OHP kedinding.

keterkaitan antara kedua istilah tersebut sangatlah jelas, OHP adalah alat untuk menampilkan, sedangkan OHT adalah alat yang ingin ditampilkan. Jika OHP tidak ada, otomatis OHT tidak bisa ditampilkan, demikian juga sebaliknya.

6. media visual diam merupakan media penyaluran pesan dari pemberi ke penerima pesan, biasanya media ini disalurkan dalam bentuk tulisan, huruf-huruf, gambar-gambar dan simbol-simbol yang mengandung maksud tertentu.

kelebihan dari media ini adalah antara lain:

a. Sipatnya konkrit, lebih realistik dibandingkan dengan media verbal. Hal ini dikarenakan seseorang lebih cepat menerima suatu informasi dengan melihat langsung dibandingkan suara.

b. Dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja, baik untuk usia muda maupun tua.

c. Murah harganya dan tidak memerlukan peralatan khusus dalam penyampaiannya

kekurangannya dari media ini adalah antara lain:

a. Gambar/foto hanya menekankan pada persepsi indera mata. Hal ini tentunya belum lengkap bagi seseorang untuk menerima informasi secara jelas.

b. Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar. Tentu saja gambar atau foto terbatas pada ukuran yang ada.

c. Banyak bentuk huruf dan simbol yang kurang dimengerti oleh anak.