Senin, 15 Juni 2009

kelebihan dan kekurangan internet dalam pembelajaran

Nama : SAIN WIDIANTO K

NIM : 080210274069

Kelas : B

Semester : II

Prog studi : PJJ ICT S1 PGSD

Tugas Tutorial Online ke-5

Komputer dan media Pembel;ajaran di SD

1. Kelebihan dan kekurangan internet

a. Pembelajaran menjadi menarik bagi siswa.

b. Dapat dilakukan secara interaktif

c. Adanya keakuratan dan kekinian materi pembelajaran

d. Pembelajaran dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing..

e. Proses pembelajaran tidak dibatasi oleh waktu seperti pembelajaran tatap muka.

f. Dimungkinkan dapat terjadinya pendistribusian pendidikan kepada semua siswa karena kapasitas daya tampung yang tidak terbatas.

g. Lama waktu belajar juga tergantung pada kemampuan masing-masing pembelajar/siswa.

h. Dibutuhkan skill (kemampuan) yang cukup dalam mengunakan media Internet sebagai media pembelajaran.

2. Tentang metamorfosis pada hewan. Awalnya saya mengajar menggunakan gambar tetapi setelah dicoba menggunakan media komputer dimana disajikan dalam bentuk CD Video pembelajaran siswa lebih tertarik dan lebih paham.

3. Computer dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Adapun bentuk-bentuknya meliputi :

a. Video pembelajaran

b. Pemanfaatan internet

c. CD Multimedia inetaktif

d. Penggunaan multi media presentasi

4. Sebab cukup efisien dan efektif meningkatkan hasil belajaran peserta didik. Multimedia presentasi selain efektif dan interaktif juga bersifat multi media dimana terdapat unsure-unsur secara lengkap yang meliputi anomasi, video, sound, grafis maupun teks.

5. a. Model drill : yaitu salah satu strategi pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar yang lebih komhkrit melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana sebenarnya.

b. Model Tutorial : merupakan model pembelajaran yang menguunakan perangkat lunak berupa program computer yang berisi materi pembelajaran.

c. Model Simulasi : merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan tiruan-tiruan pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.

d. Model Games : pembelajaran model games ini dikembangkan atas dasar “pembelajaran yang menyenagkan” dimana peserta didik di hadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan main. Biasanya dalam pembelajran disebut juga dengan instructional games.