Rabu, 15 April 2009

perbedaan dalam Metode Pembelajaran

Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD

1. Strategi pembelajaran adalah suatu prosedur yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sebagai sarana mencapai tujuan.

2. Metode Pembelajaran adalah cara yang dugunakan guru untuk mengolah informasi yang mungkin terjadi dalam suatu strategi.

3. Kelebihan metode diskusi

- Dapat memperluas wawasan siswa.

- Dapat merangsang kreativitas siswa dalam memunculkan ide dalam memecahkan masalah.

- Mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain.

- Menumbuhkan partisipasi siswa menjadi lebih aktif.

Kelemahan metode diskusi

- Tidak dapat digunakan pada kelompok besar.

- Peserta mendapatkan informasi yang terbatas.

- Menyerap waktu yang cukup banyak.

- Tidak semua guru memahami cara siswa melakukan diskusi.

4. Kelebihan metode karya wisata

- Menerapkan pembelajaran yang nyata.

- Dapat merangsang kreativitas siswa

- Mendorong siswa belajar secara konferhensif da integral

- Memilii prinsip belajar yang modern

- Dapat merangsang siswa untuk menjawab semua tugas guru dengan data atau peristiwa secara langsung.

Kekurangan metode karya wisata

- Memerlukan persiapan yang matang.

- Cenderung mengutamakan rekreasi dari pada karyanya.

- Jka siswanya banyak maka akan sulit untuk mengaturnya.

- Membutuhkan dana yang cukup besar.

- Jika obyek kurang maka dapat membingungkan siswa.

5. Metode sosio drama (role playing)adalah suatu cara mendramasisasi tingkah laku dalam hubungan sosial dengan problem agar peserta didik dapat memcahkan masalah sosial

Metode Problem Solving adalah suatu metode berfikir dan memecahkan masalah. Dalam hal ini siswa dihadapkan pada suatu masalah. Kemudia diminta untuk memecahkan masalah.

Metode laboratorium adalah suatu metode yang mengkaitka teori dengan pengalaman. Metode ini

mungkin digunakan untuk menyelidiki berbagai hal termasuk tingkah laku siswa

A. Membiasakan hidup Gotong Royong

1. Model yang dipilih adalah Induktif

2. Metode pembelajaran adalah tanya jawab, ceramah dan pemberian tugas.

3. Langkah yang ditempuh :

- Guru menjelaskan tentang arti gotong royong.

- Guru menceritakan kisah gotong royong isalnya membersihkan rumah, dll.

- Siswa diminta melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan kelas.

- Guru meminta siswa menjelaskan akibat jikatidak gotong royong

- Guru menegaskan pentingnya hidup gotong royong.

4. Media pembelajaran misalkan gambar kegiatan gotong royong di suatu desa/ kota.

5. Penilaiannya adalah penilaian proses dengan skala sikap, bisa juga taya jawab dan tes pada lembar kerja siswa

B. Peran politik luar negeri Indonesia pada era globalisasi

1. Model bisa mengggunkana simulasi

2. Metodenya bisa ceramah, tugas, tanya jawab dan bermain peran

3. Langkah yangditempuh :

- Siswa menonton video yang erkait dengan materi

- Guru menjelaskna peran politik Indonesia di luarnegeri pada masa Globalisasi

- Guru meminta siswa berdiskusi tentang salah saru peran Indonesia dalam Politik luar negeri di era globalisasi. Contohnya dalan Pengiriman pasukan perdamaian di lebanon, pakistan, Iraq, dll.

- Guru kembali menegaskan pentingnya politik luar negeri Indonesai

- Guru memberikan tugas kepada siswa misalnya membuat keliping tentang perana politik luar negeri Indonesia.

4. Media pembelajarannnya misalkan video tentang peranpolitik luar negeri Indonesia pada era globalisasi

5. Penilaian bisa melakukan penilaian proses meliputi tes lisan, portofolio. Penilaian hasil meliputi tel tulis dan penugasan

Tidak ada komentar: